Home » » Tentang UN 2013

Tentang UN 2013



Tentang UN 2013

“3 tahun itu ditentukan dalam 50 soal”
“UN itu pembunuhan karekter anak”
“tolak ukur keberhasilan pendidikan itu bukan hanya ditentukan dengan sekumpulan kertas dan soal..” dan masih banyak lagi celoteh yang kerap kita dengar menjelang Ujian Nasional ini.

(15 April 2013) bagi adik saya dan jutaan siswa lain adalah hari penentu, ya se-enggak nya dalam perjalanan hidupnya lah. Saya juga pernah merasakan itu, sudah 2 kali menghadapi –yang orang sering sebut “momok”- itu. Memang beban rasanya. Bener!! Tapi saya yakin adik saya terbebani bukan karena lulus atau enggaknya. Atau bisa memenuhi SKL atau nggak. Beban yang ada adalah “bagaimana aku bisa menutup masa SMA ku ini dengan nilai yang memuaskan”. Atau bagaimana caranya agar Ujian besok itu hanya salah 5 saja. Eh bukan, bagaimana agar tak ada cacat satu soal pun. Karena 50 soal besok itu pasti yang keluar adalah itu-itu aja, poin 1-50 tidak ada yang cacat alias betul semua. Ya maksimal salah 1 soal saja. Berikutnya dari 1-50 itu soal mana yang harus dan memang harus salah.

Saya tahu persis bagaimana adik saya (ya kayak mas nya dulu, haha.. ^^) walaupun ia jarang, eh g pernah ding –curhat-. Anak ummi itu mirip-mirip semua kok. Kita memang tak pernah ber-komunikasi (dalam tanda petik “blak-blak” an) tapi kita sadar n bisa ngerti walau hanya lewat komunikasi non verbal saja. Terbukti hari ini (H-1 UN) saya tahu bagaimana adik saya hanya ingin mendapat perhatian lebih dari ummi nya, bagaimana ia bener-bener butuh pelukan dan dukungan moral. Tapi siapa? Dikeluarga ini siapa yang bisa ia begitukan??? Secara, dia satu-satu nya anak gadis ummi. Ekspresi yang ia tunjukkan tadi pagi itu lah bukti ia butuh kehangatan itu. Lantas aku??? Ya bisa apa coba. (memang ekspresinya terlanjut klewat) tapi bagaimana pun dia hanya anak gadis sendiri dirumah. Dan dengan sifatnya yang agak tertutup membuatnya seolah-olah brutal seperti itu. Inget, dalam tanda petik “...”

Pernah nengok ke web kemdikbud Kota Yogyakarta, hanya untuk ngecek berapa nilai try out dan pendalaman materinya. Weh.. gene yo lumayan nduk. Rangking 6 se-sekolahan (jurusan IPA, 3 kelas lagi). Nggak parah-parah banget kan?

Pengen rasanya berbuat banyak buat mu nduk, tapi ya sekali lagi, bisa apa coba mas mu ki. T.T
Sedih memang, tapi go fight ujian ne besok. Tak doakan selalu disetiap sujud n sholat ku. Besok pengen puasa? Ayo.. tak kancani wes. Motor e wes tak cuci bersih, siap antar-jemput ^^. Oya, tadi sama huda tak tumbas ke jeruk sama jambu (besok nge-jus wes) plus iseng tak tumbaske stella juga. Ya lumayan lah, kamar wangi sitik. Hehe..

Pokoke fight ujian ne besok. ^_^
Pengen nulis lebih banyak lagi, tapi pun ah. Isin.. xexexe,

Tak tunggu permintaan mu “mas harun, terke mangkat kuliah. Tekan lor sarjito wae, ngko tak mlaku.” (FT UGM-Architecture)

Dear  to my sister
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. :: Harun A. Aziz :: - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger