Home » » 5 Film Lingkungan

5 Film Lingkungan



5 Film (bertema-kan) Lingkungan

Sudah cukup lama saya itu mengoleksi film-film, mulai dari anime, kartun, film barat, indonesia, mandarin, korea-koreaan sampe india pun ada. Entah kasusnya humor kocak-kocak (an), action, kolosal, drama, ampe yang melo-melo ngabisin tisu, lope-lope, halah.. ada semua pokok e. Yg berbau2 pendidikan, psikologi, keluarga pun juga ada.

Dan sebenarnya lagi, sudah lama juga saya pengen buat semacam kontes “Movie Award” atau apa lah itu. Ya gimana enggak, orang tiap yang masuk kamar saya pasti bilang “mas, ada film baru?” haduh.. (macam rental aja awak ni..) dan hardisk laptop sudah warna merah semua, alias full/kebak. Pendonor utama ya tidak lain adalah film. Selain itu, movie award ini kayaknya bakalan jadi ratting hiburan menarik disela-sela kesibukan akhir akhir ini.hhe.. yah  semoga saja segera terselenggara.

Namun sebelum itu, saya akan menyuplik sedikit dari koleksi film saya. Ya.. cuci gudang (boleh lah dikata gitu) sebelum hardisk baru datang, hhe..
Nah.. sebagai permulaannya berikut kami tampilkan 5 film yang ada di lapotop dengan katagori “ Film lingkungan” dalam alur ceritanya. Dan saya yakin si sutradara memang ingin menyampaikan pesan-pesan tersebut, ntah secara eksplisit atau implisit diam-diam.

Ok, let’s cek. (semoga tak bosan)

5.      ICE AGE 2

Masih ingat kan si mamoth satu ini. Trus ada sid (klo ini nama hewannya ap ya, sejenis kukang pa ya) dan diego (macan? Em,bole jadi) yah apa pun itu, karena memang caracter disini memang diambil dari zaman pra-sejarah. Dan jangan lupa sama si tupai kecil yang pasti jadi Icon dalam film ini. (kocak abis).

Nominasi film Lingkungan yang pertama sekaligus menduduki posisi kelima adalah “Ice Age 2-The Meltdown”. Dalam film tersebut, setting tempat dan alur memang bercerita tentang kehidupan zaman es dan pada Ice Age 2 ini mengisahkan tentang mencairnya dinding-dinding es sehingga sekumpulan hewan harus berpindah mencari tempat yang lebuh aman. Termasuk manny dan kawan-kawan ini.

Entah disengaja atau tidak, tapi si sutradara memang menyampaikan suatu pesan kepada kita. “the meltdown” (yah,mungkin bisa jadi meltdown ini memang siklus alam yang pernah terjadi dulu) namun, bagi saya tetap saja si sutradara hendak menyisipkan suatu pesan dalam filmnya. Ya.. “Global Warming” atau pemanasan global. Dengan melihat film ini setidaknya kita akan tahu gambaran mengenai bumi yang kita pijak ini. Bagaimana jadinya apabila isu lingkungan yang satu ini terjadi dalam jumlah yang besar dan serempak. Saat ini mungkin tidak (eh, belum) kita rasakan. Ya selain efek mencairnya kutub es memang dalam jumlah kecil, namun memang sifat kebanyakan kita yang “sadar” itu setelah terjadi sesuatu.

Melalui filmnya bang Carlos Saldanha telah mengingatkan kita tentang fenomena yang pasti terjadi. Karena “Global Warming” sebenarnya telah terjadi dan dampaknya telah kita rasakan sekarang. Seperti, ketidak-jelasan alur musim yang terjadi sekarang ini. Iklim yang berubah-ubah, naiknya muka air laut terhadap permukaan, de es be. Terakhir, sebagai perbandingan saja. Coba bayangkan jika Anda membeli es krim kemudian diletakkan dalam mobil yang tertutup rapat. Selanjutnya karena mobil Anda parkir diluar dan kepanasan, apa yang akan terjadi pada es krim tersebut?. Ya kurang lebih demikian ilustrasi efek rumah kaca sehingga menyebabkan pemanasan global. Panas yang masuk ke bumi akan terperangkap dan tidak dapat dipantulkan lagi ke angkasa sehingga suhu di dalam ruangan/bumi akan naik dan berdampak besar pada siklus yang semula telah berjalan di dalam bumi. Pertanyaan berikutnya adalah mengapa panas tersebut terperangkap dan tidak dapat dipantulakan ke angkasa? Hal ini diakibatkan oleh ulah manusia sendiri. Konsentrasi CO2 berlebih akan menyelimuti lapisan bumi sehingga menghalangi panas yang akan keluar ke angkasa. CO2 ini banyak dihasilkan dari asap industri pabrik, pembakaran hutan serta asap kendaraan. Semakin banyak produksi dan aktifitas yang manusia lakukan ini sama saja dengan menutup lapisan bumi dan panas tidak dapat dipantulkan sehingga bumi semakin panas.
“Ice Age The Meltdown” menempati chart ke-5 musim ini. (hohoho)

4.      Happy Feed
 Not responding... !!!

3.      Wall-E

Film terbitan tahun 2009 ini memikat perhatian saya ketika pertama kali melihatnya. Pak Andrew Stanton jelas sekali memberikan gambaran kepada kita mengenai kondisi masa depan. Cerita ini ditulis mengenai akibat dipenuhi sampah yang tidak didaur-ulang, maka Bumi menjadi sangat tercemar oleh sampah-sampah elektronik, sehingga kelangsungan hidup manusia menjadi terancam. Ratusan-ribu unit robot penghancur sampah yang dinamai dengan WALL•E ditinggalkan di Bumi untuk membersihkan Bumi. Robot-robot tersebut diprogram untuk memadatkan dan menumpuk sampah-sampah elektronik yang telah memenuhi seluruh daratan di Bumi. Namun tumpukan sampah tersebut telah setinggi gedung pencakar langit. Sehingga proyek ini dibatalkan karena Forthright memperkirakan bahwa pada tahun 2110 Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk dihuni oleh manusia. Pada tahun 2815, kira-kira 700 tahun kemudian, hanya satu WALL•E yang masih berfungsi.

Dari sedikit cuplikan ini, saya nobatkan film “Wall-E” sebagai juara III film lingkungan di laptop saya. Selain apik dalam tata virtual animasinya, film ini memang sarat bersinggungan dengan lingkungan. Dimana sampah, terutama sampah elektronik apabila tidak dikelola dan didaur ulang maka yang akan terjadi ya seperti dalam film ini. Menumpuk dimana-mana hingga membukit dan memenuhi seluruh permukaan bumi.

Kemudian dibuatlah tokoh yakni robot sampah yang diprogram untuk memadatkan dan menumpuk sampah. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pengolahan berikutnya sekaligus memperkecil ukuran volume timbulan sampah. Maka ranking III ini saya kira pantas dinobatkan pada film “Wall-E” ini. SELAMAT ya... ^^

(sedikit info bahwa Pak Andrew Stanton ini sangat berperan dalam film animasi terbitan pixar. Diantara nya ada finding nemo, toy story, monster inc., dan beberapa film lainnya) dan apabila diamati lagi terdapat kesinambungan dalam beberapa film tersebut. Semisal EVE mengingatkan sebuah truk Pizza Planet dari Toy Story.) hhe.. menarik ya.

2.      Nobita and The Green Giant Legend
Kalo film yang satu ini sudah jadi barang tentu masuk nominasi “film lingkungan” karena memang setting dan konsepnya memang berkaitan tentang Lingkungan. Sudah pernah nonton kan? Bener, yang ada –kibo- itu (makhluk hijau akibat cairan dari kantong ajaib doraemon). Suatu hari makhluk dari Planet Hijau ingin menghancurkan bumi, karena manusia bumi dianggap telah berbuat kejam pada alam. Doraemon, Kebo, Nobita dan kawan-kawannya berjuang melawan menghalangi makhluk dari planet hijau yang ingin menghancurkan bumi.

Sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar, film ini sudah jadi runner up pada kategori film lingkungan ini. Ok. (sepakat to?) naah, kira2 film apa yang bakal jadi juara pada kategori ini? Mari kita simak :

1.      Uweki

Dan.. (jreng..jreng..jreng..) pemenang untuk kategori film lingkungan ini adalah “the law of uweki”.
Belum pada nonton ya? Bagi pecinta anime film ini tentu tidak asing lagi. Bercerita tentang kekuatan ajaib seorang anak SMP yang dapat merubah sampah menjadi pohon. Jalan ceritanya memang rada nggak jelas gitu, jadi di dunia kayangan ada pertarungan untuk menjadi raja kayangan. Untuk bisa memperoleh predikat itu para kandidat kayangan harus memilih satu anak SMP untuk diberikan kekuatan khusus dan menyuruh mereka bertarung satu sama lain, imbalannya si anak SMP tersebut akan memperoleh “bakat kosong” yang barangsiapa memilikinya dapat meminta bakat apapun yang ia inginkan.

Tokoh utama film ini adalah Kosuke Ueki, dia memperoleh kekuatan merubah sampah menjadi pohon dari kandidat raja kayangan bernama “Mr. K”. Mr. K ini memilih Ueki karena “kebajikan” yang dimiliki Ueki, kebajikan itu langka di dunia ini dan ia yakin ueki mampu merubah dunia dengan kebajikan tersebut. (kurang lebih demikian)

Ya walaupun agak geje jalan ceritanya tapi bagi saya, film ini sangat menginspirasi. Dari sekian kekuatan ueki memilih “merubah sampah menjadi pohon”. Hmm.. benar-benar lingkungan abis. So.. inilah the best environment movie yang ada di laptop saya.

Kekuatan Merubah Sampah menjadi Pohon

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

  1. Sampai terlalu banyak film yg penulis koleksi sudah gk tau lagi mau di titip di hardisk siapa...:-P

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2011. :: Harun A. Aziz :: - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger